Friday, January 5, 2024

Personal Branding di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Penulis: Lintang Qumaira Elza Putri

Personal Branding di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Pengertian Personal Branding

Menurut Della Puspita Personal Branding adalah suatu proses membangun dan mengelola citra atau reputasi dari diri masing-masing.

Menurut Irene Didy Personal Branding adalah persepsi seseorang yang dibentuk terhadap diri sendiri dan apa yang bisa ditawarkan secara profesional saat ini serta di masa depan.

Menurut Sevilla Personal Branding adalah suatu cara yang dilakukan untuk memperkenalkan atau mempromosikan dirinya kepada orang lain, baik untuk kepentingan karir atau bermasyarakat.

Dari ketiga pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Personal Branding adalah suatu cara yang dilakukan seseorang untuk membangun suatu citra atau reputasinya kepada orang lain.

Tujuan Personal Branding

Menurut Sevilla pada dasarnya tujuan personal branding adlah emmbuat orang lain percaya kepada diri kita, namun tujuan personal branding terbagi menjadi tiga, yaitu:

1.Personal branding bertujuan agar orang lain dapat mengenali diri individu lebih unggul dari individu lainnya.

2.Personal branding bertujuan untuk menginformasikan atau memberitahukan tentang keterampilan, kemampuan, identitas, serta hal-hal lain yang memiliki nilai tambah untuk diri individu.

3.Personal branding bertujuan untuk meningkatkan daya tarik orang lain kepada diri individu serta dapat membuat orang lain beranggapan bahwa hanya diri kamu yang dapat menyelesaikan masalah ini.

Menurut Vanya Karunia Mulia Putri dan Serafica Gischa dikutip dari buku Sharing-mu, Personal Branding-MU (2027) karya Muhammad Fadhol Tomimy, personla branding bertujuan untuk memikat serta membangun kepercayaan orang lain terhadap diri individu tersebut.

Rita Srihasnita R.C dan Dharmasetiawan dalam jurnal strategi Membangun Personal Branding dalam Meningkatkan Performance Diri (2018), menyebutkan empat tujuan penting dari personal branding, yakni:

1.Sebagai media untuk memengaruhi orang lain mengenai persepsi diri individu, dan juga mengenalkan keunikan serta kemampuan individu tersebut jauh lebih unggul dibanding lainnya.

2.Memberi tahu orang lain tentang identitas, keunikan, kemampuan, serta hal lain yang menjadikannya berbeda dan bernilai.

3.Untuk menampilkan kesan jika individu tersebut merupakan solusi pemecahan masalah yang dibutuhkan.

4.Merangsang persepsi orang lain mengenai nilai serta kualitas diri yang dimilikinya.

Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa berikut ini adalah tujuan dari personal branding:

1.Sebagai media untuk memengaruhi orang lain mengenai persepsi diri individu, dan juga mengenalkan keunikan serta kemampuan individu tersebut jauh lebih unggul dibanding lainnya.

2.Memberi tahu orang lain tentang identitas, keunikan, kemampuan, serta hal lain yang menjadikannya berbeda dan bernilai.

3.Untuk menampilkan kesan jika individu tersebut merupakan solusi pemecahan masalah yang dibutuhkan.

4.Merangsang persepsi orang lain mengenai nilai serta kualitas diri yang dimilikinya.

5.Untuk memikat serta membangun kepercayaan orang lain terhadap diri individu tersebut.

Manfaat Personal Branding

Menurut Della Puspita berikut ini adalah beberapa manfaat dari personal branding:

1.Membangun Reputasi
Personal branding memungkinkan kita untuk membangun dan mengelola reputasi dengan cermat.

2.Kredibilitas
Dengan memiliki personal branding yang kuat dan terpercaya, kita dapat membangun kredibilitas di antara rekan, patner, atasan maupun bawahan.

3.Membangun Koneksi
Dengan citra diri yang jelas dan tertata maka kita akan mendapatkan nilai plus dari publik.

4.Membangun kejujuran dan kepercayaan diri
Ketika citra kita disuguhkan dengan penataan yang benar maka kita akan lebih yakin untuk tampil dihadapan publik.

5.Meningkatkan citra media sosial
Personal branding yang kuat dalam meningkatkan keterlibatan dalam platform media sosial.

Cara Membangun Personal Branding

Menurut Irene Didy menciptakan personal branding kurang lebih sama dengan membangun branding sebuah produk dalam marketing. Berikut ini adalah cara membangun personal branding:

1.Tentukan tujuanmu
Setiap hal yang dilakukan harus memiliki tujuan yang jelas, termasuk dalam membangun personal branding. Temukan yang menjadi goal-mu dimasa depan.

2.Lakukan riset terlebih dulu
Peronal branding adalah hal yang tidak bisa dilakukan tanpa strategi yang matang.

3.Tentukan karakter yang ingin ditonjolkan
Tentukan karakter yang ingin ditonjolkan diawal sehingga persona yang terbentuk kedepannya bisa konsisten dan kamu akan mudah diingat oleh orang-orang.

4.Jangan berbohong
Selain merusak reputasi, berbohong juga berpotensi melanggar hukum. Lebih baik jujur dengan kondisi saat ini dan biarkan kesederhanaan menjadi faktor unik.

5.Jangan tunda lagi, ayo mulai dari sekarang
Personal branding perlu waktu lama untuk bisa dibangun dengan baik. Tak hanya sebulan dua bulan atau bahkan setahun dua tahun, hal ini perlu dilakukan terus-menerus.

Strategi Personal Branding

Menurut Vanya Karunia Mulia Putri dan Serafica Gischa ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menciptakan personal branding yang kuat. Strategi tersebut adalah :

1.Mengenali diri sendiri
Sebelum membentuk personal branding, kita harus mengenal diri kita terlebih dahulu, seperti apa saja kemampuan yang dimiliki, bagaimana diri kita bersikap terhadap orang lain, dan sebagainnya.

2.Tentukan tujuan personal branding
Setelah mengenali diri sendiri, kita bisa menentukan tujuan utama pembentukan personal branding. Artinya kita ingin dikenal seperti apa oleh orang lain. Penentuan tujuan ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

3.Tentukan siapa target personal branding
Kita harus menentukan target atau pihak mana yang ingin dijangkau. Penentuan target ini akan berpengaruh pula pada hal-hal yang harus dilakukan untuk memperkuat personal branding kita.

4.Membangun dan memperluas jaringan
Tidak hanya terus membentuk personal branding, kita juga harus membangun dan memperluas jaringan profesional yang dimiliki. Karna dengan hak ini. personal branding kita akan semakin dikenal luas.

Daftar Pustaka:
[1]Puspita, Della. 2023. Personal Branding: Definisi, Manfaat, Cara Membangunnya. https://ikom.umsida.ac.id/personal-branding-pengertian-manfaat-cara-membangun/ diakses pada 04 januari 2024 pada pukul 20.48
[2]Didy, Irene. ____. Mengenal Personal Branding: Tujuan, Contoh, dan Cara Membangunnya. https://glints.com/id/lowongan/personal-branding-adalah/ diakses pada 04 Januari 2024 pada pukul 20.50 
[3]Gischa, Serafica. Putri, Vanya Karunia Mulia. 2021. Personal Branding: Definisi, Tujuan dan Strateginya. 
[4]Sevilla. 2022. Pengertian dan Contoh Personal Branding. 
https://www.gramedia.com/best-seller/personal-branding/ diakses pada 04 Januari 2024 pada pukul 21.00

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Tips Mikrotik #2 - Cara Install Mikrotik CHR di VPS Ubuntu 20.04

Cara Install Mikrotik CHR di VPS Ubuntu 20.04 Pengertian Mikrotik CHR Mikrotik CHR adalah jenis mikrotik yang dapat diinstall pada perangkat...

Popular Posts