Penulis: Lintang Qumaira Elza Putri
ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN PADA BISNIS BIDANG TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
Mengenal Pelanggan / Konsumen
Menurut Wahyup pelanggan merupakan seorang individe atau sekelompok orang yang menjadi pembeli sebuah produk yang telah dibuat dan dipasarkan / dijual oleh perusahaan, dan biasanya pelanggan tidak hanya membeli satu kali, namun berkali-kali. Sedangkan konsumen ialah setiap orang yang memakai barang atau jasa yang ada pada masyarakat ataupun lingkungan sekitar, baik untuk kepentingan pribadi ataupun orang lain.
Jenis-jenis kebutuhan pelanggan
Jenis-jenis kebutuhan pelanggan menurut Fitri Anggarsari adalah sebagai berikut:
- Kebutuhan yang diutarakan, ketika seorang pelanggan secara blak-blakan menginginkan barang dan menjabarkannya secara spesifik misalnya dengan harga beli yang murah.
- Kebutuhan yang nyata, ketika seorang pelanggan menginginkan biaya perawatan produk yang murah.
- Kebutuhan yang tidak diutarakan, ketika seorang pelanggan menginginkan pelayanan yang sangat baik dari penjual.
- Kebutuhan kegembiraan, ketika seorang pelanggan membeli produk dan mendapatkan hadiah atau bonus.
- Kebutuhan rahasia, ketika seorang pelanggan dipndang wah karena membeli produk tersebut.
Menurut Wahyup Analisa merupakan kegiatan untuk mengamati sesuatu untuk mendapatkan sebuah hasil yang penting atau dengan tujuan untuk memecahkan suatu permasalahan. Analisa kebutuhan pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis, analisa kebutuhan pelanggan digunakan untuk mengetahui kebutuhan atau perilaku konsumen atau pelanggan yang tepat pada hal yang dibutuhkannya.
Menurut Fitri Anggarsari Analisa kebutuhan konsumen merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan para pelaku bisnis untuk mengetahui perilaku konsumen terutaman kebutuhannya. Dimana dengan melakukan analisa kebutuhan konsumen, maka dapat membantu pelaku bisnis dalam menyusun strategi bisnis khususnya strategi pemasaran.
Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Analisi kebutuhan konsumen adalah kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pelaku bisnis unutk mengetahui kebutuhan atau perilaku konsumen terutama keutuhannya.
Alasan Pentingnya Melakukan Analisa Kebutuhan Pelanggan
Menurut Wahyup alasan pentingnya melakukan analisa kebutuhan pelanggan adalah sebagai berikut:
- Dengan melakukan analisa kebutuhan pelanggan, pelaku bisnis dapat menentukan ataupun menciptakan produk maupun jasa yang sesuai.
- Ketika kita sudah mengetahui kebutuhan konsumen, maka kita akan mendapatkan sebuah motivasi, untuk memproduksi barang ataupun jasa.
- Ketika kita sudah mengetahui kebutuhan dari pelanggan, kita dapat fokus unutk meningkatkan kualitas barang atau jasa yang kita siapkan unutk pelanggan ataupun konsumen, dengan kualitas yang baik, maka konsumen akan lebih percaya kepada kita.
- Perilaku bisnis dapat menyusun strategi untuk market atau pasar yang digunakan untuk berbisnis.
Menurut Fitri Anggarsari alasan pentingnya melakukan analisa kebutuhan pelanggan adalah sebagai berikut:
- Menciptakan produk atau jasa yng sesuai. Dengan melakukan analisa kebutuhan konsumen otomatis pelaku bisnis bisa mengetahui kebutuhan konsumen yang sebenarnya.
- Memberikan motivasi berbisnis. Ketika pelaku bisnis mengetahui kebutuhan konsumennya, maka timbul rasa untuk memperbaiki atau menciptakan produk yang lebih unggul dan sesuai dengan kebutuhannya.
- Membantu menciptakan brand. Ketika pelaku bisnis mengetahui kebutuhan konsumen dengan baik maka otomatis mendorong unutk meciptakan brand yang sesuai dan mudah unutk dikenal konsumen.
- Mendorong untuk mengutamakan kualitas produk. Melakukan analisa bisnis juga dapat mendorong pelaku bisnis untuk mengutamakan atau menjaga kualitas produk.
- Membantu dalam menyusun strategi pemasaran. Dikarenakan kebutuhan tiap konsumen berbeda-beda, yang menjadi tugas tersendiri untuk para pelaku bisnis adalah bagaimana produk atau jasanya dapat menarik konsumen sebanyak mungkin. Oleh karena itu dibutuhkan strategi marketing yang tepat berdasarkan data analisis kebutuhan pelanggan.
Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa alasan pentingnya melakukan analisa kebutuhan pelanggan adalah sebagai berikut:
- Dapat menciptakan produk atau jasa yang sesuai.
- Dapat memberikan motivasi bagi pelaku bisnis.
- Dapat membantu menciptakan brand.
- Dapat mendorong unutk mengutamakan kualitas produk.
- Dapat membantu pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran.
Menurut Fitri Anggarsari tujuan dilakukannya analisis kebutuhan konsumen antara lain sebagai berikut:
- Menciptakan produk yang tepat sasaran.
- Membuat produk yang anda jual memiliki ciri khas atau unik.
- Produk yang dijual memiliki nilai tambah.
- Memudahkan menyusun strategi dalam bisnis karna tahu apa kebutuhan konsumen.
- Membantu dalam evaluasi kinerja perusahaan.
Menurut Fitri Anggarsari berikut ini adalah keuntungan melakukan analisa kebutuhan konsumen:
- Perusahan lebih unggul dari kompetitor karena sipa siaga menawarkan produk yang dibutuhkan konsumen dengan kualitas yang lebih mumpuni.
- Perusahaan menjadi termotivasi untuk mengembangkan bisnis dan mencapai target.
- Meningkatkan branding perusahaan.
Metode Yang Digunakan Untuk Mengetahui Kebutuhan Konsumen
Menurut Fitri Anggarsari ada beberapa cara sederhana yang bisa dipraktikan unutk mengetahui kebutuhan konsumen:
- Bertanya pada konsumen. Beberapa konsumen terkadang mau meluangkan waktunya untuk mengisi survei terkait kebutuhan yang mereka inginkan.
- Menganalisis buyer atau customer persona. Maksudnya adalah melakukan observasi atau pengamatan terkait informasi siapa saja pembeli yang membutuhkan produk anda.
- Banyak diskusi dengan tim lapangan atau tim penjual.
- Lakukan observasi media sosial.
- Mengikuti gathering atau konferensi. Konferensi ini bisa dijadikan peluang untuk mempelajari kebutuhan bisnis dan insight baru dalam dunia bisnis.
Contoh Analisis Kebutuhan Konsumen
Menurut Fitri Anggarsari contoh analisis kebutuhan konsumen dalam kasus yang sederhana adalah sebagai berikut:
Ketika membuka toko buku, pastikan anada telah memperhitungkan dengan matang apa saja kebutuhan konsumen.
TOKO BUKU
Target : Mahasiswa dan Dosen
Lokasi : Sekitar kampus
Harga : Sesuai dengan kantong mahasiswa, bila memungkinkan buka jasa pinjam buku berbayar.
Kualitas dan Kelengkapan : Sesuai dengan jurusan yang ada dikampus tersebut.
Daftar Pustaka:
[1] Anggarsari, Fitri. 2022. 5 Alasan Pentingnya Analisa Kebutuhan Konsumen.
https://zahiraccounting.com/id/blog/analisa-kebutuhan-konsumen-perlukah/ diakses pada 19 September 2023. pada pukul 07.44
[2] Wahyup. 2021. Dasar TJKT analisa kebutuhan pelanggan teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.
https://www.awonapa.com/2021/07/dasar-tjkt-analisa-kebutuhan-pelanggan.html diakses pada 19 September 2023. Pada pukul 07.47
No comments:
Post a Comment