PROSES BISNIS PADA TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
Memahami Proses Bisnis
Menurut Wahyup, kata proses bermakna suatu tahap atau langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan/hasil. Sedangkan, kata bisnis bermakna sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok atau organisasi yang melakukan kegiatan menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Menurut Yulianti, proses bisnis adalah serangkaian aktivitas yang ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu organisasi dengan ciri-ciri mempunyai tujuan dan input spesifik.
Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa, proses bisnis merupakan sebuah tahap atau langkah-langkah yang dilakukan secara terstruktur dan saling terhubung, dengan tujuan untuk menghasilkan produk atau jasa dan juga untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Jenis Proses Bisnis
Proses Operasional
Proses operasional menurut Wahyup merupakan proses primer, yaitu proses ini memiliki bisnis inti yang terdiri dari 3 tahapan proses sebagai berikut:
1) Pembuatan produk
2) Pemasaran produk
3) Layanan pelanggan yang ditawarkan
Apabila perusahaan telah melakukan proses bisnis diatas maka perusahaan tersebut melakukan proses operasional. Tahapan ini seperti membeli sebuah barang, lalu dijual kembali dengna melakukan pengemasan, lalu dikirimkan kepada pembeli.
1) Pembuatan produk
2) Pemasaran produk
3) Layanan pelanggan yang ditawarkan
Apabila perusahaan telah melakukan proses bisnis diatas maka perusahaan tersebut melakukan proses operasional. Tahapan ini seperti membeli sebuah barang, lalu dijual kembali dengna melakukan pengemasan, lalu dikirimkan kepada pembeli.
Proses dukungan
Proses dukungan atau proses sekunder menurut Wahyup merupakan inti dalam menjalakan sebuah bisnis, pada proses ini akan mendukung operasional pada sehari-hari dalam sebuah instansi perusahaan atau organisasi yang melakukan proses bisnis. Proses dukungan bisa dikatakan sebagai proses yang memastikan bahwa bisnis akan terus berjalan.
Proses manajement
Proses manajement menurut Wahyup akan melibatkan tahapan perencaan, pemantauan, dan pengawasan. Proses manajement ini akan mengatur aktivitas, tata kelola pada perusahaan atau instansi serta manajement strategis.
Karakteristik Proses Bisnis
Menurut Wahyup berikut ini adalah beberapa karakteristik proses bisnis secara umum:
- Definitif : sudah pasti, bukan sementara, memiliki batasan, masukan dan pengeluaran yang jelas.
- Urutan : sekian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara beruntun sesuai dengan waktu.
- Pelanggan : mempunyai penerimaan hasil proses.
- Nilai tambah : proses bisnis harus memiliki dan memberikan nilai tambah pada penerima.
- Keterkaitan : harus terkait dalam struktur organisasi atau tidak boleh berdiri sendiri.
Manfaat Proses Bisnis Pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Menurut Wahyup manfaat proses bisnis pada bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi adalah sebagai berikut :
- Menjadi solusi supaya bisa membantu perusahaan unutk melihat gambaran bisnis yang dilakukan secara realtime atau komputasi waktu yang nyata.
- Manfaat proses bisnis menyediakan laporan yang memberitahu kondisi perusahaan sebenarnya pada saat ini.
- Memberikan nilai kompetitif bagi persaingan bisnis yang semakin kompleks didalam perkembangan pasar yang bergerak dengan cepat.
- Mempercepat proses evaluasi informasi untuk merespon setiap kejadian dan masalah secara cepat dan tepat.
- Percepat respon perusahaan terhadap tantangan bisnis yang muncul secara tidak terduga.
- Mempermudah cara berkomunikasi. Contohnya adalah email sebagai sarana utama berkomunikasi antara satu orang dengan yang lainnya.
- Memberikan pengetahuan dan sumber informasi. Semakin banyak pengetahuan yang kita peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang kita kelola.
- Manajemen data. Dengan adanya data base saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan.
- Sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas.
- Customer Relationship Management. Customer relationship management merupakan sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan karena data record.
- Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang dibatasi runga dan waktu.
- Mempermudah cara berkomunikasi.
- Memberikan pengetahuan dan sumber informasi.
- Manajemen data.
- Sistem Informasi Manajemen.
- Customer Relationship Management.
- Aktivitas Bisnis 24 Jam.
- Mempercepat proses evaluasi informasi untuk merespon setiap kejadian dan masalah secara cepat dan tepat.
- Mempercepat respon perusahaan terhadap tantangan bisnis yang muncul secara tidak terduga.
Tujuan Teknologi Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di dunia Bisnis
Tujuan teknologi jaringan komputer di dunia bisnis menurut Siswanto adalah sebagai berikut:
- Teknologi jaringan komputer akan membantu dan mempermudah kinerja pegawai.
- Teknologi jaringan komputer dapat meminimalkan biaya dan waktu.
- Teknologi jaringan komputer akan memberikan dampak yang positif bagi pegawai selama dia tidak menyalahi peraturan yang ada, seperti hacker, cracker, dan lain-lain.
Contoh Proses Bisnis Pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Contoh Proses Bisnis Bidang TI(Web Development)menurut AbdUmar adalah sebagai berikut:
- Pertama, perusahaan atau instansi tersebutmelakukan riset pasar, supaya mengetahui apa yang dibutuhkan atau apa yang di inginkan paar saat ini.
- Setelah medapat riset yang nyata, berikutnya perusahaan mulai mecari bahan-bahan pendukung yang berguna untuk memenuhi keinginan pasar.
- Setelah memiliki bahan atau tools yang mumpuni, berikutnya memulai untuk mengembangkan website penjualan.
- Lakukan user researcher guna mengetahui respon dari masyarakat.
- Jika terdapat masukan, maka lakukan modifikasi atau revisi pada website penjualan tersebut.
- Memulai meluncurkan website penjualan.
Daftar Pustaka:
[1] Wahyup. 2021. Dasar TJKT-Proses Bisnis Teknik Komputer dan Telekomunikasi. https://www.awonapa.com/2021/07/dasar-tjkt-proses-bisnis-teknik.html . diakses pada 18 September 2023. pada pukul 09.21
[2] Yulianti. 2023. Contoh proses bisnis di bidang Teknik Komputer dan Telekomunikasi TJKT.
https://mamikos.com/info/contoh-proses-bisnis-bidang-teknik-komputer-pljr/ . diakses pada 18 September 2023. pada pukul 09.32
[3] AbdUmar. ____. Proses Bisnis Dibidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. https://www.abdumar.com/2022/07/proses-bisnis-dibidang-teknik-jaringan.html . diakses pada 18 September 2023. pada pukul 11.34
[4] Siswanto. 2022. Proses bisnis pada bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.
https://guru.smkn1pacitan.sch.id/sis/2022/07/25/proses-bisnis-pada-bidang-teknik-jaringankomputer-dan-telekomunikasi/ . diakses pada 18 September 2023. pada pukul 11.51
No comments:
Post a Comment